4 Faktor Perhitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis di Bali

Membangun rumah merupakan investasi terbesar yang Anda lakukan seumur hidup. Saat Anda bersiap untuk melakukan investasi tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya, berapa biaya bangun rumah minimalis?

Biaya pembangunan rumah dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Nah, faktor-faktor inilah yang perlu Anda pahami agar mampu menyiapkan anggaran yang tepat.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perhitungan Biaya Pembangunan Rumah

Setidaknya terdapat 4 faktor yang mempengaruhi perhitungan biaya bangun rumah minimalis yakni:

1. Lokasi dan Biaya Tanah

Lokasi dari lahan tempat Anda berencana membangun rumah berperan penting dalam menentukan biayanya. Harga tanah bervariasi, tergantung faktor seperti kedekatan dengan pusat perkotaan, fasilitas, sekolah, dan lingkungan alam sekitarnya. 

Secara umum, area perkotaan dan lokasi prime cenderung memiliki biaya tanah yang lebih tinggi daripada area pinggiran kota atau pedesaan. 

2. Ukuran dan Desain Rumah

Ukuran dan tata letak rumah secara langsung mempengaruhi biaya bangun rumah minimalis. Rumah yang lebih besar membutuhkan lebih banyak bahan dan tenaga kerja sehingga membuatnya lebih mahal. 

Kompleksitas desain seperti lantai yang lebih banyak, fitur arsitektur yang rumit, atau kustomisasi, juga dapat menambah biaya. Saat merencanakan rumah Anda, pertimbangkan kebutuhan, gaya hidup, dan anggaran Anda.

3. Pemilihan Bahan dan Kualitas

Faktor lain yang mempengaruhi biaya bangun rumah minimalis adalah pemilihan bahan bangunan. Bahan berkualitas tinggi cenderung lebih mahal, tetapi menawarkan daya tahan yang lebih baik dan efisiensi dalam jangka panjang. 

Di sisi lain, memilih bahan yang lebih ekonomis dapat membantu mengurangi biaya awal. Namun, mungkin memerlukan lebih banyak perawatan dari waktu ke waktu.

4. Biaya Tenaga Kerja dan Konstruksi

Biaya tenaga kerja dan konstruksi dapat bervariasi berdasarkan lokasi, permintaan, dan kompleksitas proyek. Tenaga kerja terampil dan kontraktor berpengalaman sering kali menagih tarif yang lebih tinggi, tetapi keahliannya menghasilkan rumah berkualitas baik.

Selain itu, faktor seperti kondisi pasar dan fluktuasi musiman, dapat memengaruhi biaya biaya pembangunan rumah. Anda dapat membandingkan beberapa kontraktor Bali terbaik dan mencapai kesepakatan yang adil.

Perencanaan Anggaran Biaya Bangun Rumah Minimalis

Membangun rumah baru membutuhkan perencanaan yang tepat, penyiapan anggaran, dan pekerja yang profesional. Untuk membantu Anda, berikut estimasi anggaran membangun rumah.

Biaya pembangunan rumah terdiri atas dua aspek utama yaitu biaya material dan biaya tenaga kerja.

  • Biaya bangun rumah minimalis per meter persegi bervariasi, bisa antara Rp3.000.000 – Rp10.000.000, tergantung kompleksitas dan jenis material.
  • Biaya tenaga kerja bisa per hari atau borongan, berkisar antara Rp150.000 – Rp200.000 per tukang per hari atau Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per meter persegi.
  • Ada biaya tambahan seperti pengurusan IMB, pembersihan, pemasangan elektronik, dan biaya pindahan yang perlu Anda pertimbangkan.
  • Biaya dekorasi dan furnitur.

Perencanaan pembangunan rumah jauh lebih mudah jika Anda memilih jasa design and planning terbaik di Bali.

Archiola, Bisa Bantu Semua Urusan Arsitekturmu!

Tim Archiola memiliki keahlian dan pengalaman dalam industri arsitektur. Kami terdiri atas arsitek berpengalaman dan terampil yang telah berhasil menangani berbagai jenis proyek di wilayah Bali. 

Archiola menawarkan layanan lengkap mulai dari konseptualisasi termasuk menyusun biaya bangun rumah minimalis hingga penyelesaian konstruksi. 

Kami tidak hanya menyediakan desain arsitektur yang inovatif dan estetis. Tetapi, juga membantu dalam pengurusan izin, perencanaan, dan pengawasan konstruksi. Pesan jasa kami sekarang!